https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/issue/feed Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2023-06-19T00:00:00+00:00 Amiruddin amiruddin@iaialaziziyah.ac.id Open Journal Systems <p>Journal Summary</p> https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/558 Strategi Manajeman Kurikulum Pesantren Dalam Menguatkan Kompetensi Dakwah Santri Dayah Jamiah Al Aziziyah Bate Iliek Samalanga 2023-01-25T03:38:03+00:00 Ibnu Kasir ibnukasir@iaialaziziyah.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Strategi Manajemen Kurikulum Pesantren; Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Dayah Jamiah Al Aziziyah Bte Iliek Samalanga Bireuen mulai 06 Mei 2021 sampai dengan 13 Juni 2021. Adapun subyek penelitian adalah Strategi Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Menguatkan Kompetensi Dakwah Santri. Informan penelitian antara lain: Pimpinan Dayah Jamiah Al Aziziyah, Kabaq Pengajian, Wakabaq Pengajian, Anggota Pengajian. Teknik pengumpulan data meliputi: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa Strategi manejemen kurikulum Dayah Jamiah Al Aziziyah pertama mengatur pengajaran pengajian, yang kedua mencukupi waktu, ketiga mencukupi guru, ke empat seleksi guru, ke lima memastikan bahwa guru itu cukup guru malam dan guru pagi, ke Enam memilih dan menentukan kitan oleh pihak pengajian, setelah itu mengontrol atas berjalannya pengajaran.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/560 Implementasi Manajemen Kurikulum Pada Program Unggulan Nonakademik di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo Mojokerto 2023-01-26T08:18:06+00:00 Rizki Nanda sarjanabaik@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen kurikulum pada program unggulan nonakademik di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan serta menggunakan teknik triangulasi sebagai pemeriksaan keabsahan data. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan semua data hasil wawancara, observasi peran dan dokumen. Hasil penelitian menyatakan: (1) Perencanaan kurikulum program unggulan disusun oleh tim pengembang kurikulum yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator program unggulan, dan guru. Langkah yang dilakukan adalah dengan menganalisis konteks dan kebutuhan serta mengidentifikasi standar nasional pendidikan; (2) Pengorganisasian kurikulum program unggulan dengan cara kepala sekolah memberdayakan waka kurikulum dan koordinator program unggulan untuk melakukan penjadwalan dan pembagian tugas; (3) Pelaksanaan kurikulum program unggulan dilakukan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan terhadap pelaksanaan kurikulum pada program unggulan; (4) Pengawasan dan evaluasi kurikulum program unggulan dilakukan oleh kepala sekolah dibantu oleh waka kurikulum dan koordinator program unggulan. Evaluasi dilakukan dengan cara memeriksa dokumen kurikulum, wawancara, dan supervisi kelas yang dilakukan secara bertahap dalam per trimester, per semester dan di akhir tahun; (5) Pengembangan kurikulum dilaksana oleh tim pengembang kurikulum menurut hasil evaluasi dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum.</p> 2023-01-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/586 Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri I Trienggadeng Pidie Jaya 2023-02-10T13:42:41+00:00 Ahmad Yani ahmadyani@iaialaziziyah.ac.id <p style="text-align: justify;">Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan secara formal, dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan pengelolaan yang baik, dan teliti, untuk itu jelas bahwa manajemen pembelajaran penting untuk dilakukan agar mencapai tujuan bersama yang diinginkan secara efektif dan efisien. Skripsi ini mempunyai rumusan masalah bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri I Trienggadeng Pidie Jaya. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian <em>kualitatif fenomenologis</em>. Dikatakan demikian karena jenis penelitian ini mempunyai ciri-ciri antara lain setting sosial, peneliti adalah instrumen kunci, data bersifat <em>deskriptif</em>, menekankan &nbsp;kepada proses, analisis datanya bersifat induktif, dan <em>meaning</em> (pemaknaan) tiap peristiwa adalah merupakan perhatian yang esensial dalam penelitian <em>kualitatif</em>. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (<em>participant observation</em>), wawancara dan analisis dokumen (<em>document study</em>). Adapun hasil temuan penelitian ini mengenai manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri I Trienggadeng Pidie adalah sebagai berikut : (1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam guru membuat perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, kriteria kelulusan minimal, dan rincian minggu efektif. (2) Pelaksanaan rencana pembelajaran pendidikan agama Islam, guru melaksanakan rencana-rencana pembelajaran yang telah disusun secara sistematis dan diimpelentasikan saat proses oembelajaran berlangsung, rencana tersebut didalamnya meliputi strategi pembelajaran siswa aktif dan metode yang digunakan adalah metode diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas.</p> 2023-06-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/587 Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa 2023-02-10T14:33:59+00:00 Muhammad Ramadhan emramadhan212@gmail.com Halimatussa’diah Halimatussa’diah halimahasamad48@gmail.com <p style="text-align: justify;">This article aims to determine the effect of online games on student achievement at the truggle Tasikmalaya University. The method used in this research is quantitative. The sample in this study was 100 active students at the truggle Tasikmalaya University. The sampling technique used is random sampling. Data collection was carried out by distributing questionnaires via the Google form. The data analysis technique used is simple regression analysis because it aims to determine the effect of the independent variables on the dependent variable. Data analysis was carried out with the help of the SPSS 22 application. The results showed that online games had a negative and significant effect on student achievement at the truggle Tasikmalaya University by 43.8%, and the remaining 56.2% were influenced by other factors not taken into account in this study.</p> 2023-02-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/584 Atsaru A-Fardi Wa A-Mujtama’ fi Al- Lughah 2023-04-09T03:52:49+00:00 Mira Ulfa miraulfa@iaialaziziyah.ac.id <p style="text-align: justify;">Individu dan kelompok merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Individu dikaitkan dengan kelompoknya, dan apa yang menjadi tradisi sudah semestlinya mengikuti kebiasaan kelompok. Bahasa adalah citra linguistik sempurna yang menjadi ciri khas sebuah keompok. Beberapa peneliti melihat bahwa bahasa berbeda dalam hal struktur, sistem, dan korespondensinya dengan kehidupan dan peristiwa menurut penutur masyarakat yang berbeda, sesuai perilaku mereka. Bagi masyarakat, bahasa merupakan sarana sosial dan alat komukasi dan kerja sama yang digunakan masyarakat untuk mengkomunikasikan tujuan mereka, dalam khutbah, radio, puisi, artikel, salat dan doa. Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan vokal dalam beberapa aspeknya disebabkan oleh individu, Bahkan jika individu yang mengikutinya tidak ditentukan orang lain. Kajian ini merupakan kajian library research. Dalam penelitian ditemukan hal-hal sebagai berikut: Bahasa berbeda dalam hal struktur dan sistemlnya, dan korespondensinya dengan kehidupan dan peristiwa, menurut penutur atau penutur masyarakat yang berbeda, menurut sifat seksual mereka, dan tempat memiliki pengaruh pada bahasa. Ahli bahasa telah memperhatikan pengaruhnya pada bahasa juga, karena individu dipengaruhi oleh pengucapannya sesuai dengan usianya, dan transmisi bahasa dari generasi ke generasi meninggalkan dampaknya pada bunyi, kosa kata, sistem dan struktur bahasa. Bahasa dipengaruhi oleh sistem sosial yang menjadi dasar bangsa, sehingga menyandang ciri-ciri masyarakat dalam aspek politik, ekonomi, dan agama.</p> 2023-04-09T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/610 Relevansi Konsep Mendidik Anak Perspektif Imam Ramli Dengan Pendidikan Sekarang 2023-04-12T20:03:27+00:00 Masrizal Masrizal masrizal@iaialaziziyah.ac.id <p>Al-Imam Muhammad bin Ahmad al-Ramli adalah salah satu pakar pendidikan dalam Islam yang sangat menekankan pengaruh pendidikan terhadap anak didik karena pada dasarnya seseorang akan tergantung kepada orang tua dan gurunya sebagai pendidik utama. Pandangan tersebut dilandasi dengan pendapatnya tentang konsep fitrah manusia yang sebenarnya bahwa hati sang anak adalah murni, bersih, dan suci laksana permata yang sangat berharga dan sederhana dari gambaran apapun. Karena ketertarikan penulis terhadap karya Imam Ramli yaitu kitab <em>nazam</em>nya <em>Bughyah al-Ikhwān wa Riyādhah al-Shibyān</em><em>,</em> maka penulis ingin meneliti bagaimanakah konsep mendidik anak menurut perspektif Imam Ramli dalam kitab <em>Bughyah al-Ikhwān wa Riyādhah al-Shibyān</em> dan bagaimanakah relevansi konsep mendidik anak menurut perspektif Imam Ramli dengan konsep pendidikan Islam sekarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep mendidik anak menurut perspektif Imam Ramli dalam kitab <em>Bughyah al-Ikhwān wa Riyādhah al-Shibyān</em>. Serta untuk mengetahui relevansi konsep mendidik anak menurut perspektif Imam Ramli dalam kitab <em>Bughyah al-Ikhwān wa Riyādhah al-Shibyān</em> dengan konsep pendidikan Islam sekarang. Penelitian ini termasuk <em>library research</em>. Adapun hasil yang diperoleh adalah menurut Imam Ramli pendidikan anak sangat menentukan keberhasilan di masa mendatang dan juga mengembangkan kekuatan akhlak anak. Imam Ramli menawarkan konsep mendidik anak yang sesuai dengan tuntutan Al-Qur`an dan Hadis yang dimulai sejak anak masih dalam kandungan sehingga anak mencapai usia <em>bali</em><em>g</em><em>h</em>. Selain itu konsep yang ditawarkan Imam Ramli juga sangat relavan dengan pendidikan zaman sekarang bahwa tujuan akhir dari pendidikan adalah terciptanya manusia beradab dan bermanfaat bagi keberlangsungan hidup berbangsa.</p> 2023-04-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/452 Efektifitas Penggunaan Media ICT Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara 2023-06-18T17:00:29+00:00 Musrizal Abdullah teuku187@gmail.com <p>Madrasah as one of the formal educational institutions must strive to improve quality, including the improvement in the learning quality area. One way that can be used is the use of media in the learning process. The utilization of ICT media by teachers has an important role in the learning process in Madrasa Ibtidaiyah. The purpose of this study is to explain the use, form, steps of use, and effectiveness of ICT media in increasing student motivation in Madrasah Ibtidaiyah in Sawang Sub-District, North Aceh district. The type of research used in this thesis is descriptive research and qualitative research approaches. Data obtained such as observations, interviews, documentation are described in narrative form. The research subjects were teachers of MIN 2 and MIN 17 North Aceh. The results showed that the use of ICT media in increasing student motivation eases teachers and students to learn, motivates to learn, and can improve the quality of learning so that it generates better achievement.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-06-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/574 Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 2023-02-16T07:48:39+00:00 M Choirul Muzaini masmuzainie@gmail.com Umi Salamah mbakumiku@gmail.com <p>This study attempts to describe the implementation of PAI learning in the formation of student character, the efforts made by PAI teachers in shaping student character and the Supporting Factors and Inhibiting Factors in the Implementation of Learning in the Character Formation of Class VIII (Eight) Students of SMP PGRI 4 Bandar Mataram. This study uses a qualitative approach. Methods of collection by observation, interviews, documentation and data triangulation. The results of this study are: 1). Implementation of PAI learning in character building for students Based on the example and belief exemplified by the Teacher Council so that students begin to have good character. 2). Efforts made in building students' character, namely PAI teachers apply and teach several character values ​​to students including religious, honest, disciplined, responsible, independent, and polite characters. 3). Supporting factors include internal factors, and the character from within the individual itself. And external factors that influence the formation of student character include society, educational regulations, integrated curriculum, evaluation of learning experiences, parental assistance. And the inhibiting factors in the implementation of learning and efforts to form the character of class VIII (eighth) students include differences in student backgrounds.</p> 2023-06-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam