Kontruksi Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI di SMPN 3 Bilah Hilir

Authors

  • Rahmat Rifai Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera
  • Muhammad Ikbal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Annisah Febrianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fika Nadia Astika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nikmatun Khomisah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.177

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan salah satu ujung tombak dalam mengatasi dekadensi akhlak dan membangun karakter yang baik pada diri anak. Melalui pelajaran-pelajaran yang ada di lembaga pendidikan diharapkan dapat menjawab dan memberikan keilmuan yang dapat membentuk karakter mulia peserta didik, dan salah satu pelajaran yang dapat mewujudkan hal itu adalah pelajaran pendidikan agama Islam. Berangkat dari hal itu peelitian ini bertujua untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI,   hambatan dalam mengkonstruksi karakter peserta didik melalui pembelajaran PAI, serta untuk memberikan solusi atas hambatan tersebut. Dan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif, dengan  begitu data dan hasil penelitian akan dijabarkan secara luas dan dimasukkan pandangan-pandangan peneliti tentang  hasil penelitian. adapun hasil dari penelitian ini telah ditemukan berbagai fakta dan realita mengenai kontruksi karakter peserta didik di SMP Negeri 3 Bilah Hilir, Melalui pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Bilah Hilir telah membawa Perubahan ke arah yang lebih baik pada karakter peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari sikap dan cara komunikasi siswa pada saat pembelajaran PAI yang menunjukkan karakter yang baik, seperti berbicara lembut dan izin terlebih dahulu, berani mengemukakan pendapat dan bijaksana.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. 25–38. https://media.neliti.com/media/publications/195611-none-05b1535d.pdf

Ali, M. (2010). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Amin, A. (2015). Metode dan Pembelajaran Agama Islam (Vol. 1). IAIN Bengkuu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3021/1/ebook metode pembelajaran Alfauzan Amin.pdf

Anshori, M. (2019). Dimensi HAM dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003. IAFA Press.

Dedi Mulyasana, D. (2018). Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam.

Dute, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik.

Fitri, A. (2018). Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 49. https://media.neliti.com/media/publications/264720-pendidikan-karakter-prespektif-al-quran-4e0376cd.pdf

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045. Nusaputra Press.

Ihsan, F. (2008). Dasar-dasar Kependidikan. Rineka Cipta.

Kusumastuti, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lemaga Pendidikan Sukarno Pressindo. http://lib.unnes.ac.id/40372/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf

Mulyasa, E. (2011). Managemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Mulyasana, D. (2018). Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam. https://books.google.com/books/about/Khazanah_Pemikiran_Pendidikan_Islam.html?hl=id&id=UrT1DwAAQBAJ

Munifah. (2020). Rekonsepsi Pendidikan Karakter Era Kontemporer. Cendekia Press.

Mustopa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 24. https://www.google.com/search?source=android-browser&q=metode keteladanan jurnal

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Sa’adillah, R. (2015). Hasyim, Pendidikan Karakter Menurut K.H Wahid. Jurnaal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 281–303. esearchgate.net/publication/341709934_pendidikan_karakter_menurut_KH_Wahid_HASYIM_Rangga_Sa’adillah_S_A_P_Sekolah_Tinggi_Agama_Islam_Taswirul_Afkar_Surabaya

Suwito, A. (2012.). Integrasi Nilai Pendidikan Karakter ke Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Melalui RPP. Ilmiah Civis, 2(2), 2. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/234022376.pdf&ved=2ahUKEwjm34vV7r_0AhUKjdgFHeoIBEIQFnoECBwQAQ&usg=AOvVaw0MhFm9BI8e3m83k_WsWwwx

Tutuk, N. (2015). Implementasi pendidikan karakter. Stain Press. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/2464/1/Buku Implementasi Pendidikan karakter.pdf

Published

2020-12-31

How to Cite

Lubis, R. R., Ikbal, M., Febrianti, N. A., Astika, F. N., & Khomisah, N. (2020). Kontruksi Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI di SMPN 3 Bilah Hilir. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 81-95. https://doi.org/10.54621/jiat.v6i2.177

Most read articles by the same author(s)