KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Mursyidi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Abstract

ABSTRAK

Konsep Pendidikan  karakter merupakan sebuah nilai yang harus dipelajari, dirasakan dan diterapkan dalam setiap individu, Pendidikan Karakter dapat disebut juga sebagai pendidikan Akhlak, yang bertujuan untuk membentuk akhlakul karimah. Landasan pendidikan karakter dalam Islam adalah al-Qur’an dan Hadits. Proses pendidikan karakter kepada seorang anak ini harus disesuaikan dengan tahap perkembangan dan pembentukan karakter pada  anak itu sendiri. Pendidikan Karakter menjadi isu yang sangat hangat terhitung mulai dari diberlakukannya pendidikan karakter secara nasional di semua jenjang pendidikan diawali dari tingkat anak-anak. Dalam berbagai forum ilmiah banyak dibahas dan didiskusikan tentang pendidikan karakter. Sementara dalam Islam pendidikan karakter bukan perkara baru. Dalam kursus pendidikan Islam, pendidikan karakter memiliki istilah tersendiri yaitu pendidikan akhlak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana konsep pendidikan karakter dalam perspektif Islam khususnya pendidikan karakter anak, dalam tulisan ini penulis akan membahas mengenai hal tersebut. Penelitian ini bersifat riset kepustakaan (library Research) yang menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif  yang bertujuan menggambarkan dan menelaah fenomena dan konsep dengan menggunakan kata-kata bukan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yakni dengan menelaah sejumlah sumber data baik primer maupun sekunder. Teknik analisa datanya adalah teknik analisis teks (content analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konsep pendidikan karakter di Indonesia adalah pendidikan nilai yakni pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa indonesia dalam rangka membina kepribadian generasi muda yang mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan moral (moral knonwing), sikap moral (moral feelling), dan prilaku moral (moral acting), sedangkan konsep pendidikan Islam adalah bimbingan yang diberikan oleh satu seseorang kepada seseorang yang lain agar ia berkembang sesuai dengan ajaran Islam yang berlaku sesuai dengan aspek akal dan hati seorang anak. Nilai-nilai Pendidikan karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia bertujuan sebagai pendidikan yang religius, jujur, toleransi, disiplin, kreja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, berkomunikasi dengan baik, cinta damai, lingkungan, sosial dan tanggung jawab yang semua itu harus mengacu pada tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap dan prilaku, aspek tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan islam.

 

 

Kata Kunci: konsep, pendidikan karakter, pendidikan Islam

Published

2021-06-30 — Updated on 2021-09-02

Versions

Issue

Section

Artikel